Berbagi Koneksi Internet

Posted on Updated on

Koneksi internet dengan cepatnya tumbuh saat telepon genggam mengalami evolusi menjadi telepon pintar atau lazim disebut smartphone.  Dulu saat belum terdapat modul nirkabel wifi pada telepon seluler, gigi biru atau bluetooth menjadi andalan dalam bertukar file dan koneksi internet.  Koneksi internet melalui modul bluetooth dari telepon seluler yang diset sebagai modem memang kurang dikenal, karena kecepatan koneksinya masih terbatas.

Saat ini dengan adanya fitur wifi pada telepon seluler, praktis semakin memudahkan dalam mengakses internet.  Ada hal yang tidak biasa ketika muncul sistem operasi Android untuk telepon pintar, yaitu tethering.  Tethering memudahkan kita untuk berbagi koneksi internet saat tidak ada jaringan wifi broadband, dengan berbekal ponsel berteknologi 3G atau 3.5G.  Koneksi internet dengan mudah kita bagikan kepada 5 pengguna dengan berbgai jenis perangkat. Teknologi tehtering itu mulai meningkat penggunaannya pada perangkat Android.

Bagaimana dengan ponsel yang bukan Android? misalnya bersistem Symbian seperti perangkat yang saya gunakan saat ini, Nokia E52.  Ada beberapa piranti lunak yang dibuat untuk memfungsikan wifi agar bisa berbagi koneksi dengan perangkat lain.  Saya menggunakan piranti lunak “JoikuSpot Premium 3.20” yang merupakan piranti lunak berbasis Symbian S60.  JoikuSpot menjadikan ponsel saya memiliki kemampuan tethering seperti halnya Android.

Antarmuka JoukiSpot Premium

Antarmuka JoikuSpot Premium

Piranti lunak JoikuSpot Premium merupakan aplikasi berbayar yang dapat ditemukan di Nokia Store dengan harga Rp. 25.000,00.  Kebetulan ataukah memang pas sedang mujur, saya mendapatkannya tanpa bayar hanya modal koneksi internet saja.  Aplikasi ini memudahkan untuk berbagi koneksi internet disaat tidak ada modem ataupun kabel data. Cukup diaktifkan lalu mulai berbagi koneksi internet yang bisa dinikmati oleh 5 pengguna saja.

2 thoughts on “Berbagi Koneksi Internet

    joko said:
    Sabtu, 15 Maret 2014 pukul 13:38

    punyaku nokia e71, d instal joiku spot tp wifi gk kedetek sama tablet android, gmana y gan?

    Suka

    D|A|N responded:
    Selasa, 18 Maret 2014 pukul 21:26

    Coba baca ini gan >> http://www.joiku.com/ckeditor_assets/attachments/13/JoikuSpot_Premium_USER%20GUIDE%282%29.pdf?1295546425

    Semoga membantu, saya belum pernah coba pakai tablet soalnya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s