Waspada Bencana

Posted on Updated on

Hujan yang mengguyur Pulau Ambon beberapa waktu lalu tidak hanya membuat coklat air laut di Teluk Ambon bagian dalam, namun juga memunculkan berbagai masalah.  Tanah longsor dan banjir merupakan hal yang pasti terjadi saat hujan lebat mengguyur tanah selama 7 hari berturut-turut. Sampai suatu saat saya melihat sendiri tanah longsor yang membuat kegiatan survey penelitian menjadi batal akibat jalan tertutup tanah longsor tersebut.

Struktur tanah dan batuan yang mudah runtuh dan kurangnya pohon yang berada di lereng bukit, menambah mudahnya tanah longsor. Tak mudah untuk menangani masalah ini jika hujan lebat terus menerus mengguyur, hari ini longsor di satu lokasi, esok harinya longsor terjadi di lokasi lain dan yang parah jika terjadi di daerah pemukiman penduduk.

Ngomong-ngomong soal bencana, saya jadi berpikir sangat-sangat jauh dan agak tidak masuk akal. Begini ceritanya, suatu waktu turun hujan yang lebat seperti kemarin ini, lalu tanah longsor dan banjir terjadi. Nah disaat seperti ini tiba-tiba terjadi gempa dan berpotensi Tsunami. Celakanya adalah pesisir Pulau Ambon adalah lokasi pemukiman penduduk yang tidak terhalang apapun, hanya talud yang dibuat untuk menguatkan badan jalan. Apa jadinya jika hal tersebut terjadi dan bagaimana cara evakuasi penduduk di sepanjang pesisir pantai. Jika lari ke atas bukit saat hujan lebat begitu ancaman tanah longsor semakin besar. Jalur evakuasi juga sangat tidak memungkinkan karena hanya ada satu jalur jalan yang menghubungkan semua desa di pesisir pantai.

Kita saat ini tidak sadar akan bahaya dikemudian hari, namun perlu direnungkan bagaimana cara/pola evakuasi penduduk jika ada bencana seperti itu. Kesiapsiagaan akan bencana harusnya sudah di berikan kepada semua penduduk dilokasi rawan bencana termasuk pembuatan jalur evakuasi jika bencana terjadi.

Pemikiran ini bukan untuk membuat takut penduduk pesisir, namun untuk mengingatkan semua pihak yang berkaitan dengan kebencanaan. Memang belum ada kejadian, namun siapa yang bisa menduga bencana akan datang?

9 thoughts on “Waspada Bencana

    sawali tuhusetya said:
    Senin, 6 Juni 2011 pukul 02:15

    kita memang hidup di sebuah negeri yang secara geografis sangat akrab dengan bencana, mas arif. oleh karena itu, saya sangat setuju apabila ada pendidikan kebencanaan agar anak2 masa depan negeri ini memiliki kekuatan utk mewaspadai bencana sekaligus menyikapinya dengan baik.

    Suka

    Dharma responded:
    Rabu, 8 Juni 2011 pukul 11:34

    Betul Pak, sepertinya perlu masuk di kurikulum sekolah, minimal masuk di muatan lokal terlebih dahulu.

    Suka

    Alris said:
    Kamis, 9 Juni 2011 pukul 22:53

    Setuju sekali kalau pendidikan tentang bencana ini dimasukkan dalam muatan lokal. Tanah air tercinta ini memang berpotensi besar dengan bencana alam akibat perbuatan manusia maupun karena aktifitas bumi.
    Salam kenal, mas Dharma. Kunjungan perdana semoga berkah jadi jalinan silaturahim.

    Suka

    Dharma responded:
    Sabtu, 11 Juni 2011 pukul 21:14

    Terima kasih untuk Alris, salam kenal juga…

    Suka

    indobrad said:
    Rabu, 15 Juni 2011 pukul 22:26

    iya pendidikan memang penting, tapi mestinya infrastruktur harus diperkuat juga agar bencana dapat dicegah atau diminimalisir.

    balik-balik lagi: tidak ada dana
    *miris*

    Suka

    Ceritaeka said:
    Kamis, 23 Juni 2011 pukul 13:32

    Banyak yg udah mengingatkan untuk membuat sistem tanggap bencana… *menanti hasilnya*
    ah ya semoga Ambon gak sampe kena musibah macem2 ya…

    Suka

    Dharma responded:
    Kamis, 23 Juni 2011 pukul 15:54

    @ Om Brad: Itu dia INFRASTRUKTUR, alat seperti buldozer masih disimpan di Kota, lha ini terjadi di trans Ambon jauh dari Kota.

    Suka

    Dharma responded:
    Kamis, 23 Juni 2011 pukul 15:56

    @Eka: Terkadang pelaksanaan tanggap bencana masih minim tenaga ahli yang tahu pasti harus melakukan apa saat bencana…

    Suka

    almascatie said:
    Rabu, 20 Juli 2011 pukul 07:24

    yah saya pun sering waspada sekarang dengan selalu membawa jaket hujan😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s