Interaksi Ala Warung Kopi

Posted on Updated on

Siapa yang tak kenal warung kopi.  Bagi penikmat kopi, warung kopi adalah tempat favorit, tidak hanya sekedar minum kopi namun ada banyak interaksi di dalam warung kopi tersebut. Penikmat kopi datang ke warung kopi untuk ngobrol dan bercanda sambil melepas lelah, namun tak hanya itu terkadang urusan bisnis pun dibicarakan saat di warung kopi. Banyak obrolan yang timbul dari warung kopi sampai-sampai ranah politikpun diungkapkan di warung kopi. Ada kalanya timbul perkenalan-perkenalan baru yang berasal dari warung kopi hingga akhirnya warung kopi menjadi tempat favorit untuk bertemu alias kopdar alias kopi darat (tuh kan ada kopi-nya).

Komunitas Blogger Maluku a.k.a. Arumbai, punya kebiasaan saat kopdar, salah satunya kumpul di warung kopi. Obrolan yang biasa dibahas saat di warung kopi adalah agenda kegiatan dan pengalaman personal. Akan tetapi terkadang pembicaraan juga menjilat-jilat isu aktual seputar Pulau Ambon. Yah paling tidak bisa mengupas sisi histori, seni budaya, dan pergaulan. Dan bagi pendatang seperti saya bisa belajar lebih jauh tentang istilah-istilah dalam bahasa Ambon sehari-hari.

Memang suasana dan harmoni warung kopi dapat memunculkan ide-ide baru dan terkadang sangat brilian. Warung kopi dengan iringan musik yang pelan menjadikan penikmat kopi enggan meninggalkan kursinya, sampai-sampai topik pembicaraan sudah berganti sebanyak puluhan kali tanpa sadar #lebay.

16 thoughts on “Interaksi Ala Warung Kopi

    indobrad said:
    Jumat, 25 Februari 2011 pukul 23:55

    No, itu sama sekali gak #lebay. Warung kopi adalah salah satu media pas dalam memenuhi hasrat mendasar manusia: berkomuni dan berdiskusi.

    Thanks for sharing🙂

    Suka

    dharma responded:
    Sabtu, 26 Februari 2011 pukul 00:07

    wow komen pertamax…. makasih ya…

    Suka

    dewi said:
    Sabtu, 26 Februari 2011 pukul 01:10

    mmm sayang ga suka kopi..jadi bingung mo komen apa😀 yg jelas c kalo berinteraksi asal topiknya gayung bersambut dan ga da matinye mo ditemenin air putih aja juga bisa he he he

    Suka

    mamung said:
    Sabtu, 26 Februari 2011 pukul 01:23

    kopi memang penuh filosofi, banyak banget..
    kalo tak percaya cari aja di google ato baca novelnya Andrea Hirata yang Dwilogi Padang Bulan, ada juga tuh..
    #eh tapi kan ente gak suka baca novel yg tebel ya..🙄

    Suka

    febry said:
    Sabtu, 26 Februari 2011 pukul 09:17

    melanjutkan komen mamung, novel dewi eks ridasitadewi yang filosofi kopi jg mantap jd teman minum kopi

    Suka

    almascatie said:
    Sabtu, 26 Februari 2011 pukul 10:53

    bahasnya… Menjilat-jilat kesana kemari?? *rada tobat kewarung kopi buat jilat2 kesana kemari*
    =))

    Suka

    ipul dg. Gassing said:
    Sabtu, 26 Februari 2011 pukul 12:35

    saya suka warung kopi, tapi ngumpul dengan siapa terus terang saya milih-milih.
    soalnya ada beberapa orang yang pada saat ngumpul di warung kopi itu ngomongnya tinggi banget..
    ngomongin proyek miliaran lah, proyek itulah..
    pas mau pulang dia ngomong : eh, tolong bayarkan dulu ya..nanti saya ganti..

    halah..!!!!

    Suka

    Sem said:
    Kamis, 3 Maret 2011 pukul 13:43

    Warung Kopi (WARKOP).
    Pernah singgah sih…., cuman pas lagi Country Song Live aja.
    @Pangkalan

    heheheee…

    Suka

    Ceritaeka said:
    Kamis, 3 Maret 2011 pukul 18:08

    Aku gak boleh minum kopi lagi😀
    kopdar sambil minum teh atau malah bir kayaknya seru juga😛
    #disepak :))

    Suka

    zee said:
    Sabtu, 5 Maret 2011 pukul 00:31

    Saya jarang minum kopi. Sama seperti Eka, saya prefer ngebir atau ngeteh…🙂

    Suka

    3sna said:
    Senin, 7 Maret 2011 pukul 12:20

    di Maluku kedai kopinya yang enak dimana ya?
    Di Jakarta blogger2 juga sering kopdar, sekarang lagi terkenal kedai kopi tiam…😀

    Suka

    dharma responded:
    Senin, 7 Maret 2011 pukul 21:37

    Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa tempat yang kopinya enak yaitu Sibu-Sibu dan Kopi Joas. Oh iya Kopi Tiam tuh ada di Jalan Jaksa itu ya?

    Suka

    ello aristhosiyoga said:
    Senin, 28 Maret 2011 pukul 20:05

    warung kopi punya daya tarik, wong semuanya cowok rata2 di MBC

    Suka

    achoey el haris said:
    Senin, 4 April 2011 pukul 10:35

    Blogger Maluku, keren🙂

    Suka

    Tiga Blogger, Tiga Komunitas | Catatan Cinta Sahaja said:
    Senin, 4 April 2011 pukul 10:37

    […] malam sekitar jam 18.30 saya dan dua sohiblog, yakni bradley dan dharma janjian ketemuan di Kedai Mie Janda Cibinong. Dengan bradley sebenarnya saya sering bertemu karena […]

    Suka

    unggulcenter said:
    Senin, 4 April 2011 pukul 13:30

    Lam kenal!

    Aku juga suka ke warkop, ngopi susu ABC (maaf nyebut merk) dan makan beberapa buah gorengan.. kalau dulu sambil ngobrol ama teman2 SMA, kalau sekarang sambil ngetwit pagi2 apalagi kalau pas dijalan ngantuk, ya mampir dulu🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s