KTP

Posted on Updated on

Kemarin Senin, 14 Februari 2011, saya pergi ke salah satu Kecamatan di Pulau Ambon untuk keperluan pembuatan KTP karena KTP saya yang sekarang sebentar lagi kedaluwarsa. Sesampainya di kantor kecamatan saya menanyakan kepada petugas untuk pembuatan KTP tersebut:

Saya      : Bu, saya mau buat KTP

Petugas : Wah, untuk saat ini tidak bisa buat KTP, karena servernya sedang rusak dan berkasnya mau dibawa ke Jakarta. Jadinya juga tidak tahu sampai kapan…. (sesaat kemudian pergi)

Saya        : ???? (bingung)

Saya tidak habis pikir untuk jawaban dari petugas kecamatan tersebut. Jadi kalau ada yang rusak pelayanan berhenti begitu saja tanpa ada solusi. Dalam pikiran saya, mengapa si petugas tersebut tidak ada inisiatif untuk membuatkan sebuah surat keterangan atau catatan untuk saya yang menerangkan bahwa KTP saya masih dalam proses pembuatan atau diproses dahulu berkasnya dan jika nanti server sudah diperbaiki yah tinggal dimasukkan saja data saya kan beres atau input data dahulu kemudian bisa lewat e-mail kirim ke Jakarta sampai dalam waktu 5 menit.

Jika suatu saat nanti ada pemeriksaan dari aparat untuk pengecekan KTP, maka saya akan tidak bisa menunjukkan KTP yang masih berlaku. Dan yang pasti saya mutlak dipersalahkan dan dianggap pendatang Ilegal, kemudian dideportasi dari Pulau Ambon. Padahal kesalahan awal bukan dari saya melainkan dari petugas kecamatan itu.

Saya tidak tahu harus mengadu kemana untuk hal sepele namun berakibat fatal ini. Jika ada tempat pengaduan saya akan segera mengadu kesana. Kerusakan sistem bukan berarti pekerjaan berhenti dan tanpa solusi, jika semua aparat pemerintahan seperti ini ya jelaslah negara ini semakin kacau dan tidak maju-maju, untung cuma satu (semoga cuma satu itu) saja petugas yang seperti itu dan semoga ada perbaikan dikemudian hari *make a wish*.

4 thoughts on “KTP

    indobrad said:
    Selasa, 15 Februari 2011 pukul 21:12

    kok bisa enteng banget jawabannya ya? anyway, pake SIM aja sebagai alternatif. tetap diterima sebagai identitas valid kok😀

    Suka

    dharma responded:
    Selasa, 15 Februari 2011 pukul 22:27

    Yup, itu dia, saya sebenarnya nggak masalah meskipun telat jadinya.

    Suka

    Anugrha13 said:
    Selasa, 15 Februari 2011 pukul 22:29

    fotonya juga pake hp maaasss hahahah :p jadi ya sistem rusak proses jg berhenti hehehe

    Suka

    indobrad said:
    Selasa, 15 Februari 2011 pukul 22:54

    by the way,. you’re now in my blogroll😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

