Pesanku Untuknya

Posted on

IMG_4175

Di gedung Widyasatwaloka, Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI atau yang lebih dikenal dengan Museum Zologicum Bogoriense, aku mengikuti pelatihan lanjutan Taksonomi Kelautan Indonesia dari pada tanggal 15-27 Juni 2009.  Banyak sudah yang aku dapatkan selama dikarantina disini… setiap hari yang dilihat adalah spesimen, spesimen  dan spesimen… .  Sampai akhirnya berada di ujung selesainya kegiatan.  Inilah yang aku tuliskan untuk mereka yang telah mengenalkan aku pada satu kata “Karakter”.

Pertama kali mengikuti pelatihan Taksonomi Kelautan Indonesia di Ambon waktu yang lalu rasanya kurang menggigit, apa sebab?   Soalnya cuma dapat 2 hari saja, sangat singkat untuk tahu lebih jauh tentang taksonomi.

Namun setelah dikarantina selama seminggu di Pulau Pari rasanya menjadi tergigit…  Wah kenapa lagi nih…?  Ya iyalah, soalnya dari situ saya memulai mengenal apa itu karakter, apa saja yang menjadi karakter.

Lha yang sekarang ini malah jadi tertelan… Ya itu tertelan kedalam Taksonomi udah gitu ehh…tertelan lagi ke dalam Kladistik waaa… .

Pfiuuhh… susah juga ternyata, tapi kok jadi mengasyikkan?  Ada apa ini?  Hmm…apa karena instrukturnya ya?  Kayaknya iya dech… rasanya nggak kebayang sewaktu mau berangkat menuju Cibinong bakalan ketemu “artis” bidang taksonomi dan bakalan jadi inspirasi dalam berkarya untuk bangsa ini…

Tapi menurut saya, kita ini masih perlu support dari merekaitu.  Ya semacam penambah darah waktu letih, lemah, lesu…. .  Apa lagi nih…?

Oiya pesan dari saya, pengen banget ada lagi kegiatan seperti ini, tapi jangan terlalu singkat, soalnya nggak bisa tidur dengan nyaman, nggak bisa renang, nggak bisa fitness… kan kesehatan badan penting untuk mendukung otak yang cerdas.  Betulkah??

Saya mengucapkan makasih untuk semuanya: Panitia, Instruktur, Partisipan, Dapur, Laboratorium,dan lainnya yang tidak dapat disebutkan satupersatu.

Salam…

20 thoughts on “Pesanku Untuknya

    ello said:
    Senin, 29 Juni 2009 pukul 17:43

    waduh…..!

    Suka

    irawan said:
    Selasa, 30 Juni 2009 pukul 16:41

    kayaknya asyik tuh..😀

    Suka

    muhamaze said:
    Kamis, 2 Juli 2009 pukul 11:32

    yah jadilah taksonomis yang baik yaa nak… bangun negri ini.. *ngelus-ngelus pundak*

    Suka

    zee said:
    Kamis, 2 Juli 2009 pukul 17:11

    Memang sengaja disingkat, mungkin biar hemat budget mas🙂

    Suka

    Bisnis Online said:
    Sabtu, 4 Juli 2009 pukul 06:26

    hmmm, lam kenal dulu deh baru baca🙂

    Suka

    dharma responded:
    Sabtu, 4 Juli 2009 pukul 16:17

    @ello
    kenapa kok waduh?

    @irawan
    emang asyik kok, kan kerja di museum…

    @muhamaze
    iya pak…. *minta uang sangu*

    @zee
    iya emang nih kegiatan perlu biaya besar, soalnya se-Indonesia seleksinya….

    Suka

    Nisa said:
    Senin, 6 Juli 2009 pukul 09:53

    Kerennya… >_<

    Saya jadi pingin ntar nyangkut di LIPI:mrgreen:

    Suka

    tuyi said:
    Senin, 6 Juli 2009 pukul 12:23

    Setiap ada pelatihan pastilah nambah ilmu kang…?
    Wah selamat deh, kapan-kapan ajak saya juga dong…./
    hahahaha…

    Suka

    t13nr4 said:
    Senin, 6 Juli 2009 pukul 13:03

    keep writing!!

    Suka

    diazhandsome said:
    Senin, 6 Juli 2009 pukul 22:54

    hmm… setuju nih sama mbah surip. eh, mbah dharma!

    kalo instrukturnya enak jelasin, pasti kitanya juga enak dengernya. gitu kan?

    Suka

    ikq said:
    Jumat, 10 Juli 2009 pukul 15:57

    Zuer dah

    Suka

    dards said:
    Sabtu, 11 Juli 2009 pukul 18:09

    taksonomi tuh apaan yah?
    lam kenal ya….

    Suka

    almascatie said:
    Jumat, 17 Juli 2009 pukul 13:59

    maunya.. karakter taksonomi itu apa???

    Suka

    Wandi thok said:
    Jumat, 17 Juli 2009 pukul 17:39

    Wah, kegiatane sampean jebule sibuk banget yo mas Darma. Untunge ijik iso ngapdet blog. Lanjutken😀

    Suka

    triYuniS said:
    Sabtu, 18 Juli 2009 pukul 11:34

    diklat memang selalu menyenangkan🙂 walaupun bayangan kita sebelum pelaksanaan diklat sepertinya akan membosankan dan jauh dari asyik, eh..ternyata begitu dijalani malah jadi exited. salah satu faktornya memang instruktur, selain itu juga teman2 sesama peserta.

    Suka

    mahardhika said:
    Selasa, 4 Agustus 2009 pukul 17:58

    jalan terusss.. keliling…. pengeeennnn…🙂

    Suka

    Semmy said:
    Jumat, 7 Agustus 2009 pukul 11:00

    Bagi2 pengalaman ya buat org Ambon..🙂

    Suka

    Aribicara said:
    Sabtu, 8 Agustus 2009 pukul 14:32

    Keren oey🙂

    jadi nambah wawasan, pengetahuan dan ilmu yach🙂

    Salam🙂

    Suka

    hmcahyo said:
    Minggu, 9 Agustus 2009 pukul 11:55

    mampir😀

    Suka

    Bersua Kembali « dharmaarif blog said:
    Selasa, 11 Agustus 2009 pukul 13:04

    […] dari akhir bulan Juni 2009, aku diharuskan mengikuti pelatihan yang menyisakan Pe eR banyak ketika selesai pelatihan dan sekarang belum pun selesai.  Kemudian […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s