Pelatihan Itu Menyisakan Kenangan

Posted on Updated on

Akhir bulan Mei yang lalu, saya mendapatkan undangan untuk mengikuti pelatihan mengenai taksonomi kelautan selama satu minggu.  Pelatihan ini di selenggarakan oleh Pusat Penelitian Oseanografi LIPI bekerjasama dengan Conservation International yang berlokasi di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, tepatnya di UPT Loka Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Oseanografi LIPI.  Pelatihan ini dimaksudkan untuk menjaring calon parataksonomist dan taksonomist di bidang kelautan.  Hal ini perlu dilakukan mengingat semakin berkurangnya tenaga profesional (expert) di bidang taksonomi kelautan.

Berangkat dari Ambon hari Sabtu 24 Mei 2008, walaupun keberangkatan ke Pulau Pari baru hari Seninnya, yah maksud hati ingin menikmati Ibukota Jakarta terlebih dahulu.  Ternyata Ibukota tetaplah ibukota yang padat kendaraan dan macet dimana-mana.  Peluh pun bercucuran saat ikut berpartisipasi dalam mengantri bus Transjakarta.  Tapi itu semua akan selalu membekas kala kita pulang kedaerah.  Tidak ada hari yang lengang, hari Minggu pun demikian, kala aku kembali menjelajah hutan beton di Jakarta.  Yah….lumayan capek sebenarnya tapi jiwa petualang tetap ingin melangkahkan kaki ke segala sudut kota Jakarta…

Tibalah hari keberangkatan, kami semua menaiki kendaraan yang telah disiapkan untuk menuju ke pelabuhan Muara Angke Jakarta.  Sesampainya disana…tercium bau khas pelabuhan, seperti bau ikan asin yang telah bercampur dengan bau minyak dan asap kapal ikan.  Telah menunggu dengan gagah berani dua buah perahu kayu yang siap menerjang ombak menuju ke Pulau Pari.  Kami pun bahu-membahu memasukkan barang bawaan ke dalam perahu, serta membagi penumpang untuk kedua perahu.IMG_3756

Perlahan tapi pasti, saat jam dipergelangan tanganku menunjukkan pukul 09.010 WIB, kapal meneriakkan suaranya dan mesinpun berputar kuat mendorong bangunan kayu untuk meninggalkan pelabuhan.  Suasana laut yang cukup tenang membuat nyaman perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 2 jam.  Pemandangan laut memang beragam, tampak dari jauh Kota Jakarta dengan gedung-gedung tingginya, terlihat pula alat tangkap bagan yang berderet menuju ke laut lepas, perjumpaan dengan sekawanan burung laut yang sedang melirik ikan-ikan, sampai dengan gugusan pulau-pulau yang menyusun Kepulauan Seribu di utara Teluk Jakarta.IMG_3760

IMG_3763

IMG_3780

Sesampainya di Pulau Pari, kami melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju ke Base Camp.  Cukup jauh dan lumayan panas ketika baru tersadar bahwa dari tadi jalan kok ndak sampai-sampai.  Base Camp ini adalah milik UPT. Loka Pengembangan Kompetensi Sumberdaya manusia Oseanografi LIPI, yang sering untuk kegiatan pelatihan yang berbau lapangan.  Ya karena sekitar lokasi semua laut dan tersebar pulau-pulau yang memiliki keberagaman ekosistem laut.

IMG_3788

IMG_3795

Hari selanjutnya mulai dari Selasa sampai dengan Jumat, saat itulah aku dan temanku lainnya disuguhi berupa-rupa ilmu tentang taksonomi dan sistematika hewan dan tumbuhan.  Cukup rumit dan sulit dimengerti pada awalnya, pelan tapi pasti serta sedikit demi sedikit aku mulai mendapat pencerahan tentang teori itu semua.  Oh iya terlupa, peserta yang ikut pelatihan ini adalah peserta yang telah lolos saringan tahap awal yang dilakukan di tiap-tiap daerah di Indonesia.  Rata-rata adalah dosen dan peneliti.  Mereka berasal dari Manado, Makasar, Papua, Ambon, Nusa Tenggara, Sumatera dan Jawa.  Hmmm… ini yang menimbulkan kenangan tersendiri, ketika mereka bercerita tentang daerahnya masing-masing, seru dan menggelitik.  Dibentuknya kelompok-kelompok berdasarkan taksa besar seperti Ikan, Lamun, Krustasea, Karang, Algae, Moluska, Ekinodermata dan Mangrove membuat kami semakin akrab.  Sesi lapangan pun dimulai Rabu pagi hingga siang hari di Pulau Tikus.

IMG_3832

Inilah yang aku cari, sebenarnya masih banyak koleksi lainnya namun berhubung space terbatas yah satu saja cukup.

IMG_3856

Setelah melaut seharian, esoknya kita kerja untuk mensortir, mengelompokkan, dan mengidentifikasi spasimen.  ini adalah pekerjaan paling melelahkan, apa sebab soalnya aku dan teman sekelompok harus begadang mencari ciri pembeda spesies satu dengan yang lain.  Selain itu, kami juga harus membuat hasil untuk di tampilkan dalam presentasi singkat semua yang kami kerjakan selama pelatihan.  Syukurlah semua berjalan lancar hingga akhir presentasi.  dan malam terakhirpun tiba karena keesokan harinya kami semua harus pulang menuju Jakarta dan selanjutnya pulang menuju asal masing-masing.  Sungguh pelatihan yang menyisakan kenangan manis, penuh tawa, penuh keakraban, dan tentunya penuh dengan ilmu….

IMG_4044

IMG_4065

Kenangan itu indah, seindah sunset ini….

IMG_3803

Reblog this post [with Zemanta]

7 thoughts on “Pelatihan Itu Menyisakan Kenangan

    muhamaze said:
    Jumat, 12 Juni 2009 pukul 15:47

    aku ndak ikut..

    Suka

    ello said:
    Senin, 15 Juni 2009 pukul 12:42

    pengin deh jadi bagian dari LIPI

    Suka

    diazhandsome said:
    Rabu, 17 Juni 2009 pukul 01:11

    waahh… seru tuh yaa. trus, ada cita” masuk ke taksonomi itu?

    Suka

    puloseribu.com said:
    Senin, 22 Juni 2009 pukul 21:00

    Bung Dharma,

    Salam kenal. Puloseribu.com merupakan media online yang mengangkat berita dan informasi seputar kepulauan seribu. Media ini dikembangkan beberapa generasi pulau seribu. Kami sangat tertarik untuk merepublikasi tulisan Anda di situs kami. Surat ini sekaligus permohonan izin kami untuk pemuatan tulisan ini. Atas izinnya kami ucapkan terima kasih. Selanjutnya kami menunggu konfirmasi dari Anda.

    Salam hangat
    redaksi puloseribu.com

    Suka

    dharma responded:
    Minggu, 28 Juni 2009 pukul 23:30

    @puloseribu.com
    Silahkan saja dengan senang hati, asal disebutkan sumbernya. Terima kasih atas informasinya.

    Suka

    Mr.o2n said:
    Senin, 29 Juni 2009 pukul 06:38

    Mampir aja dulu buat baca2 artikelnya,oy,mas aku ksh sarang dikit gmana kalo tulisannya di kash red more supaya tnpilan blognya makin cantik dan juga loadingnya tidak lama.makash salam

    Suka

    dharma responded:
    Senin, 29 Juni 2009 pukul 13:37

    @Mr.02n
    Makasih sarannya ya… . Iya nih saya ada rencana buat update menyeluruh blog ini, tapi masih nunggu waktu yang betul2 luang. Sekali lagi makasih banget sarannya ya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s