Wisata Pulau Nusalaut

Posted on Updated on

Ini adalah hasil jepretan kamera saya sewaktu berkeliling Pulau Nusalaut melalui jalan darat di hari terakhir kegiatan survey.  Mudah mudahan bisa menjadi inspirasi ketika anda berkunjung ke Pulau Nusalaut.

dolphin

Ceritanya pas di Negeri Leinitu, ada segerombolan lumba-lumba melintas, kemungkinan adalah Stenella longirostris.

tugutugu2

Inilah Monumen Martha Christina Tijahahu yang terdapat di Negeri Abubu.

sagutoolsagu1

Ini merupakan alat untuk pembuatan sagu, itu loh yang dijadikan bahan baku papeda.

Berikut ini adalah petualangan yang cukup membuat keringat keluar, Goa Waiselano, lokasi ini berada di Negeri Titawaai.

waiselano1waiselano2

Berjalan diantara tanaman cengkih dan semak belukar menuju lokasi…

waiselano3waiselano4

Jalan terjal di tepi karang (kiri); Tiba di mulut goa untuk masuk kedalam goa (kanan)

waiselano5waiselano6

Setelah masuk kedalam, lihat dasar gua itu…

waiselano7waiselano8

Lihat didalam goa ada apa….

waiselano9

IMG_3344

Itu mulut goanya, langsung masuk kelaut… (kiri); lihat diatas gua ada tamannya…(kanan)

waiselano10

Inilah pemandangan dari atas Goa Waiselano dan tahukah anda bahwa di bawah tebing karang ini sarang ikan hiu…

65 thoughts on “Wisata Pulau Nusalaut

    mahardhika said:
    Jumat, 15 Mei 2009 pukul 20:53

    waahhh kerennnn…. kereennn… pengen bngt ngunjungin tempat2 beginian *ilerr**

    Suka

    mrpall said:
    Sabtu, 16 Mei 2009 pukul 10:23

    berwisata…..emang ga ada matinya……

    Suka

    muhamaze said:
    Sabtu, 16 Mei 2009 pukul 11:44

    lho.. mangga goleknya mana..?
    kok ndak nongol..?

    Suka

    Nisa said:
    Sabtu, 16 Mei 2009 pukul 14:52

    PENGEENN!!

    deuh. . . . ayuk temen2 blogger, qt rame2 ke sanaa,,

    *beneran pengen jalan2 niy, hikz*

    Suka

    dharma responded:
    Sabtu, 16 Mei 2009 pukul 17:35

    @Mahardhika
    Pengennya? ini belum semuanya aku jelajahi karena waktunya terbatas…

    @mrpall
    iya betul berwisata emang mengasyikkan… tau tempat wisata yang lain ga?

    @muhamaze
    Mangga golek udah abis dimakan bareng-bareng kemaren…

    @Nisa
    pengen yahhh… ayuks… kapan maen kesini?? wah perlu ada guide nya nih…

    Suka

    Itmam said:
    Sabtu, 16 Mei 2009 pukul 17:58

    jadi kangen dengan kegelapan gua, ada ketentraman tersendiri di dalamnya..

    Suka

    wahyuapriani said:
    Sabtu, 16 Mei 2009 pukul 18:09

    Aku mau dong diajak traveling gitu…..
    Kapan mas dharma survey lagi???

    Suka

    dharma responded:
    Sabtu, 16 Mei 2009 pukul 18:12

    wah gua itu betul-betul gelap cuman terdengar deburan ombak laut yang masuk dari lubang itu…

    Suka

    marshmallow said:
    Sabtu, 16 Mei 2009 pukul 19:54

    saya bisa membayangkan serunya survei mas dharma dan rekan-rekan, memandangi lautan lepas yang eksotis. begitu pula misteriusnya gua waiselano yang dimasuki. hmm… pasti asyik bisa melakukan pekerjaan yang memungkinkan kita menikmati wisata semacam ini.

    Suka

    diazhandsome said:
    Sabtu, 16 Mei 2009 pukul 22:36

    wah, promosi nih ya? hehe…
    but, bagus juga buat vacation semesteran gw. kasih info lagi yaa… siapa tau wisata berkembang di situ.

    btw, kenapa anjing kalo kencing kakinya diangkat *pertanyaan di blog gw* ?

    Suka

    diazhandsome said:
    Minggu, 17 Mei 2009 pukul 13:47

    oalaahh… ternyata gitu toh. hahahaha…

    itu doggy style yang baru: angkat semua kaki buat kencing.😀

    Suka

    almascatie said:
    Minggu, 17 Mei 2009 pukul 18:47

    sunsetnya mana??
    *ditabok*

    Suka

    dharma responded:
    Senin, 18 Mei 2009 pukul 09:08

    @Itmam
    Biasanya ke gua mana kang? gua lawa apa?

    @wahyuapriani
    Kapan-kapan ya…. surveynya taun depan lagi….

    @dharma
    ikutan aja komen disini…

    @marshmallow
    itu cuman pas kebetulan, tapi biasanya sih cuman seputar pantai doang….

    @diazhandsome
    duh..duh.. sampe dua kali dikau…buat tebakan lagi ah biar dikau penasaran…

    @almascatie
    sunsetnya ga ada, adanya sunrise…. aku posting ketempat lain buat ikutan lomba bang…siapa tau menang hehehehehe….
    *ditendang*

    Suka

    tuyi said:
    Senin, 18 Mei 2009 pukul 10:04

    Foto-fotonya mantapz….
    jadi ngiler pengin kesana…

    Suka

    mas stein said:
    Senin, 18 Mei 2009 pukul 12:21

    wew! alamnya mantab banget untuk penjelajahan

    Suka

    aNGga Labyrinth™ said:
    Senin, 18 Mei 2009 pukul 16:27

    Woo… ada goa-goa nya juga ternyata
    sedih nie diriku blom pernah keluar pulau jawa😦

    Suka

    cenya95 said:
    Senin, 18 Mei 2009 pukul 19:58

    waow… keren photona…
    makasih infonya… jadi ingin kesana mo lihat dari dekat…
    salam superhangat

    Suka

    ekaria27 said:
    Senin, 18 Mei 2009 pukul 20:37

    Foto2nya KEREEEN🙂

    salam, EKA

    Suka

    casual cutie said:
    Senin, 18 Mei 2009 pukul 21:15

    wawwwwwwwwwwww keren…bagus…pengen……..ikut bang ikut!!!!!!1

    Suka

    zee said:
    Selasa, 19 Mei 2009 pukul 16:15

    wah guanya keren banged. sy jd inget film descent yg guanya ga ada ujungnya…. trs di dalamnya msh ada makhluk2 aneh… aduhhh seremmmm…… stres bo nontonnya🙂

    Suka

    muhamaze said:
    Selasa, 19 Mei 2009 pukul 16:45

    sebenarnya aku pengin terjun dari atas gua itu lho..
    uji adrenalin gitu…

    Suka

    dharma responded:
    Selasa, 19 Mei 2009 pukul 16:52

    @Om Heru
    Lho kok sampe ngiler…. di lap dulu Om…

    @mas stein
    Mantaps brooo… masuk gua aja cape apalagi naek keatas gua lebih cape…

    @Angga
    Secara aku juga baru tau kalo di pulau ada goa…

    @cenya95
    Silahkan kalau mo kesana…salam lebih hangat…

    @ekaria27
    Fotonya asal jepret kok, ga terlalu keren jugalah…salam kembali mbak…

    @casual cutie
    Ayuks… kalo mo ikut…eh ikut kemana nih…??

    @Ibu Zee
    Haloo bu… jadi berimajinasi nih ceritanya… bisa tuh buat skenario film hehehehe….
    ada makhluknya juga loh, aku menemukan seekor ular laut sedang tidur…

    @muhamaze
    kayaknya asyik deh bos kalo buat bungy jumping…

    Suka

    masnoer® said:
    Selasa, 19 Mei 2009 pukul 17:36

    wah indah juga ya taman wisatanya tapi sayang badwith Gwe habiss …..

    Suka

    ammadis said:
    Rabu, 20 Mei 2009 pukul 18:13

    Foto foto nya indah betul….

    Sarang ikan hiu…? Koq, hiu nya nggak kelahatan nih…..

    Suka

    casual cutie said:
    Rabu, 20 Mei 2009 pukul 20:35

    ikut ke pulau nusalaut bang!!!

    Suka

    dEEt said:
    Rabu, 20 Mei 2009 pukul 22:10

    lautnyaaaaaaaaa…….

    *pengen nyebur*

    Suka

    dharma responded:
    Kamis, 21 Mei 2009 pukul 11:30

    @masnoer
    kok bw bisa habis emang donlot apaan mas?

    @ammadis
    kan foto dibawah susah cuman keliatan airnya doang, lagian hiunya lagi maen cari makan jadi ga keliatan….
    tapi bener nih hiunya bersarang di gua itu…(pas lagi laut pasang)

    @casual cutie
    boleh ajah…ntar ada temen2 blogger yang laennya kok…

    @dEEt
    akhirnya dikau ngeblog jug yah….
    nyebur kemana nih?

    Suka

    ello said:
    Kamis, 21 Mei 2009 pukul 14:30

    wah fotonya gila bener. siip deh

    Suka

    madi said:
    Kamis, 21 Mei 2009 pukul 17:34

    indah bgt tempat nya..
    jd pengen berwisata jugaa….

    Suka

    Mr Bien said:
    Jumat, 22 Mei 2009 pukul 13:14

    Alami banget ya!mantrap
    Salam

    Suka

    aseps.com said:
    Sabtu, 23 Mei 2009 pukul 05:16

    walah jadi pengen deh berkunjung kesana broo….mudah-mudahan gw ada umur panjang dan bisa menyempatkan diri kesana………..asepz.com

    Suka

    masher said:
    Sabtu, 23 Mei 2009 pukul 17:22

    keren-keren fotonya..

    Suka

    dharma responded:
    Senin, 1 Juni 2009 pukul 17:41

    @ello
    Makasih pujiannya, padahal menurut saya biasa aja kok…

    @madi
    Silahkan datang ke lokasi…

    @Mr Bien
    Yup, emang masih alami.
    Salam balik…

    @aseps.com
    Semoga tercapai cita-citanya ya….
    makasih udah berkunjung

    @masher
    Jangan gitu ah, masih kerenan fotografer profesional kaleee….

    Suka

    diazhandsome said:
    Selasa, 2 Juni 2009 pukul 17:52

    aduh, dateng lagi ke sini… ngeliat rank di blog-indonesia ternyata beda satu ama gw..😀

    ayo coba bikin tebakan lagi! gak akan nyerah… haha

    Suka

    tuyi said:
    Rabu, 10 Juni 2009 pukul 11:04

    Mas, kapan posting lagi….
    katanya sudah tetapa…?
    wkwkwkwk…

    Suka

    dharma responded:
    Kamis, 11 Juni 2009 pukul 14:23

    Iya nih sedang di persiapkan….hehehehe…
    (maap kerjaan menumpuk bejibun ampe ga tau mana yang mo dikerjakan dulu)

    Suka

    nuri123 said:
    Senin, 15 Juni 2009 pukul 16:22

    wahhhhhhhhhhhh,,
    kren abis,,,,,
    banga aku jadi anak maluku,,, ang di anugrahi Allah,, tampat kelahiran yang indah,,, sayangnya aku belum pernah ke sana… insaAllah aku akan ke sana….

    Suka

    Aurel said:
    Senin, 6 Juli 2009 pukul 23:33

    Mas da sampai d goa waeselano ne?mantapkan?ya itu tanjugq waeselano

    Suka

    maku sia said:
    Kamis, 27 Agustus 2009 pukul 12:50

    Aku anak negeri kalau kulihat pemandangan di waiselano kuterbayang masa kecilku di sana sangat imdah dan mempesona O…oh nusalautku kukenang engkau selalu di rantau orang by max siaila ( sorong )

    Suka

    dharma responded:
    Jumat, 28 Agustus 2009 pukul 09:04

    Makasih sudah berkunjung…
    Nusalaut memang indah semoga penduduk selalu menjaga keindahan pulaunya…

    Suka

    Max simaela said:
    Selasa, 15 September 2009 pukul 12:02

    thx bung Dharma atas hasil-hasil cepretan yang indah abt my island.mantep abiz….

    Suka

    Maryo ayal said:
    Senin, 9 November 2009 pukul 16:59

    Thanks bung dharma da brkunjung ke tmpat kelahiran saya,,bahkan da di knlkan kpda khalayak dunia tentang tanah kelahiranku(nusalaut island) kl da di bri umur panjang oleh TUHAN mainlah ke sna..ank negeri titawaai.by maryo ayal.

    Suka

    roly ayal said:
    Jumat, 13 November 2009 pukul 07:11

    makasi bung darma krna da bisa tnjkn 4 smw basudara,b px tmpt klhrn yg bgt indah.by roly

    Suka

    sam ayal said:
    Jumat, 13 November 2009 pukul 20:57

    tnks ya,bung darma.krna da nunjkin tempt klhrnq(nusalaut island)4 mata dunia kenal klw nusalaut bgt indh.by Sam Ayal

    Suka

    jeniusmozart said:
    Rabu, 28 April 2010 pukul 14:46

    waa… makasih ya liputannyaa…. keren… udh lama gag Pulkam k Titawaai(*cry*).. lht liputan ini, jd kangen pngen pulang…

    Makasiih bgt,,🙂

    Suka

    edurd tomasoa said:
    Sabtu, 1 Mei 2010 pukul 18:54

    saya suka dan bamgga ada anak titawaai yang mau peduli dengan keindaan dari negri kita kalau bisa adat istiadat titawaai tlong dimuat di situs ini.

    Suka

    edurd tomasoa said:
    Sabtu, 1 Mei 2010 pukul 19:03

    makasi ya uda mau tampil kan desa titaai yang inda buat katong di tana ramtau orang sualnya beta sulama 6 tahun tinggal kan titawaai

    Suka

    erollorando p.jr. berhitu said:
    Jumat, 21 Mei 2010 pukul 02:21

    mantap pemandangannya pingin pulang ke negeri akon ……………….

    Suka

    Yophie Leuwol said:
    Jumat, 21 Mei 2010 pukul 23:03

    Danke…. Bung Dharma
    NUSALAUT memang Indah,,,,,,
    Jd ingat waktu kecil Mandi” di Waaiselano. Tp Bung, kata Orang memang disana sarang ikan Hiu. Tapi Boleh tanya Semua anak Negeri TITAWAAI, ada tantangan tersendiri Bila Terjun dari Bagian atas Goa ke Laut dan Saya pernah Melakukannya. Amazing….

    Suka

    Nusye Ruhukail said:
    Selasa, 15 Juni 2010 pukul 14:27

    Danke bung Dharma,
    Sudah memperkenalkan pulau Nusalalau (pulau Anyo2) 7 negeri basudara kepada dunia…
    Nusalaut sangat indah, dan sakral adat-nya:
    Indah utk bawah lautnya…taman laut tidak kalah cantiknya dgn Bunaken ataupun laut Banda..
    Sakral dari adat istiadatnya dari masing2 negeri, serta Pusat Pulau yang magis…
    Dulu di Zaman VOC kora-kora terindah berasal dari negeri Titawaai, dan sebagai bukti sejarah ada di Museum Siwalima Ambon….Ada hal2 menarik dari adat istiadat dari Pulau ini..

    Semoga Bung Dharma bisa promosikan Nusalaut bukan saja dari gambar2 yg indah ini, tapi promosikan Adat Istiadat dari 7 negeri di Pulau Nusalaut Juga…
    wassalam/Tuhan memberkati……Bravo Nusahulawano/Lesinusa Amalatu..

    Suka

    rami said:
    Senin, 18 Oktober 2010 pukul 00:41

    wah, boleh juga nih foto2. kapan kita lihat foto2 di Pusa Pulo?

    Suka

    Chev richenly said:
    Jumat, 29 Oktober 2010 pukul 07:42

    Pulau asal sayaa..
    hihihihi

    udah hampir 10tahun tak pulang”..

    Suka

    Rusdi Chaprian said:
    Rabu, 17 November 2010 pukul 04:33

    Menarik sekali maso objeknya..salam kenal ya dan sukses buat mas

    Suka

    edo tomasoa said:
    Senin, 16 Mei 2011 pukul 15:17

    saya berharap suatusaat nanti desa ku negri titawaai akan menjadi kota wisata! dan, pengharapan saya, supaya agarkeindahan dan budaya di desa kami supaya di jaga.! dan di lestarikan

    Suka

    alex wakanno said:
    Selasa, 14 Juni 2011 pukul 16:23

    hallo apa kabar

    Suka

    dilapakel_ said:
    Rabu, 17 Agustus 2011 pukul 16:27

    kren bngt ya kmpng hlman gw🙂

    Suka

    febe said:
    Minggu, 8 Januari 2012 pukul 23:38

    😀

    Suka

    febe samallo said:
    Minggu, 8 Januari 2012 pukul 23:41

    henasiwa

    Suka

    ferdi wattimena said:
    Sabtu, 31 Maret 2012 pukul 19:04

    Nusa Laut Pulauq,ameth tempat lahirq,kampung raja kampungq,ashik bangat kalau kesana,apalagi kalau ron pulau seru beneeeeeer.

    Suka

    yondi Leuwol said:
    Jumat, 6 Juli 2012 pukul 18:45

    beta bangga deng bata punya pulau tercinta…

    Suka

    Dita Gloria said:
    Selasa, 30 Oktober 2012 pukul 10:44

    like ,, pengen pulang k titawaai ee
    zu rindu basudara samua

    Suka

    angky tulalessy said:
    Rabu, 6 Februari 2013 pukul 14:38

    b bangga jadi anak nusalaut trkuhsusnya anak negeri titawaai :*

    Suka

    eldra said:
    Minggu, 21 Juli 2013 pukul 13:13

    beta jwa bangga jadi orang tittawaai, karna tittawaai bisa jadi tempat wisata yg menarik buat di knjungngi, n buat kk edo tomasoa salam perpisahan aja n kiranya satu waktu dapat bertemu kembali, untuk sama2 menyelam di pantai ume sampai di waeselano
    [ by eldra ayal ]

    Suka

    Reyn said:
    Selasa, 1 Oktober 2013 pukul 10:23

    Sy ank asli nusaluat dr desa nalahia risapori henalatu, bung lupa mengekspose tmpt wisata terkenal dr desa ini yaitu pemandian air panas 3 rasa namanya air panas bantang n beberapa sumber air pns dipesisir pantai yg panasnya bisa utk merebus telur hga matang, kpn2lah bung mampir k desa sy, dijamin capenya bakal sirna kalo da mandi air pns, thanks, GB !

    Suka

    angki said:
    Senin, 12 Mei 2014 pukul 12:34

    В̍Ҙτ̲̅a̲̅ bangga jadi anak Nusalaut terkhususnya desa titawaai :*
    Mkasih Bang udh angkt Keindahan alam pulau tercinta

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s