Free Open Source Software

Posted on Updated on

Banyak orang yang telah mengetahui tentang Free Open Source Software (FOSS), apalagi yang bekerja di seputar bidang teknologi informasi dan komputer. Contohnya Linux dan aplikasinya yang sekarang mulai di pakai dimana-mana, dengan mudah dapat kita peroleh dari media manapun terutama internet. Jika mau mengikuti perkembangan Linux buka saja DistoWatch.com, sedangkan aplikasinya bisa menanyakan kepada mbah Google, kita bisa mendapatkan informasi mengenai update berbagai macam distro linux dan juga melihat peringkat distribusinya.

Kembali ke topik FOSS, banyak software yang saat ini berlisensi General Public Licence yang mudah di peroleh dan bisa dipakai bebas tanpa takut harus membayar lisensi. Sangat menguntungkan memang, apalagi kita yang tidak memiliki banyak uang. Saat ini program yang penulis pakai (walaupun masih pakai Windows asli bawaan komputer), yang tergolong dalam FOSS, adalah:

  1. Open Office 2.4 (+ extensionnya)
  2. Mozilla Firefox 3.01 (+ addons)
  3. Inkscape (mirip CorelDraw)
  4. Dia (mirip MS.Visio)
  5. Kompozer (web builder)

Semuanya bisa diperoleh dengan gratis tanpa bayar, namun gratis dalam hal ini adalah bebas unduh dan pakai, hanya bayar koneksi internet (kalau pakai internet kampus atau kantor bisa jadi benar-benar gratis). Pada prinsipnya, jika ada yang murah apalagi gratis dan mudah didapatkan mengapa susah-susah beli yang mahal. Lain halnya jika itu murahnya adalah bajakan kayaknya enggak dech (resiko ditanggung sendiri). Selain program diatas sebenarnya masih banyak lagi yang tergolong free tapi bukan open source. Beda lho FOSS dan Free software.

Yang terpenting bagi penulis adalah mau mencoba dulu program tersebut baru mencari tahu kelemahan program itu, jika kelemahan terlalu banyak jangan dipakai dan cari penggantinya yang lebih bagus tentunya. Namun biasanya sudah terdapat update yang di rilis secara kontinyu. Daftar OSS untuk Windows bisa klik disini.

Be Legal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s