PITULASAN (baca: TujuhBelasan)

Posted on Updated on

M E R D E K A !!! M E R D E K A !!! M E R D E K A !!!

Akhirnya kita sampai pada tanggal 17 Agustus 2008, HUT Proklamasi Kemerdekaan RI. Saya ucapkan selamat kepada Bangsa Indonesia yang sudah memberanikan diri untuk memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. 63 tahun sudah Indonesia mengarungi kemerdekaan. Banyak hal-hal yang harus terus dibenahi agar bangsa ini semakin maju dan disegani di dunia Internasional. Kita semua harus sadar bahwa tidak mudah membangun sebuah negara yang besar tanpa dukungan rakyat terhadap pemerintah, walaupun banyak kekurangan dari pemerintah. Kita bisa memulai dari lingkungan diri kita sendiri dahulu, dari yang kecil-kecil seperti kedisiplinan, kejujuran, kesetiaan diri kita pada NKRI.

Slogan “Merdeka atau Mati” sebenarnya masih relevan sampai detik ini. Mengapa? Karena kata MERDEKA yang kita pekikkan mengandung makna kita bisa merdeka dari keterpurukkan, kesengsaraan, ketakberdayaan, dan lainnya. Sedangkan kata MATI mengandung makna kita tidak memeiliki kemampuan untuk menang, tidak mampu bersaing secara global, tidak mampu berprestasi, dan lainnya. Seperti yang dicanangkan Presiden dengan slogan BISA! maksud dan maknanya mirip atau mungkin malah sama.

Sekarang kembali kepada pembaca yang budiman, bagaimana memaknai slogan “Merdeka atau Mati”.

Sekian. Selamat merayakan H U T Proklamasi R I ke-63.

M E R D E K A !!!

2 thoughts on “PITULASAN (baca: TujuhBelasan)

    muhamaze said:
    Minggu, 17 Agustus 2008 pukul 12:40

    memang susah memaknai slogan “merdeka atau mati”. Bilang merdeka nyatanya seperti mati, tapi dibilang mati berarti gak merdeka. Paling pas mungkin ya “mati dalam merdeka”, atau “merdeka tapi mati”. Mbuhlah…….

    Suka

    muhamaze said:
    Senin, 18 Agustus 2008 pukul 11:43

    Bingung yah, merdeka sudah jadi sekarang slogannya “kreatif atau mati”. Persainngan global ketat, so kalo gak kreatif akan mati.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s