Seri Biota Laut : Krustasea

Artikel sebelumnya telah dipaparkan mengenai pembagian biota laut. Kali ini saya ingin bercerita tentang Krustasea. Hal yang terlintas dipikiran kita ketika membaca kata krustasea biasanya adalah kepiting dan udang, sebab kedua jenis biota itu yang sering menghampiri meja makan kita atau paling tidak kita pernah memakannya di rumah makan/restoran. Memang benar dan tidaklah salah, namun sebenarnya masih banyak jenis biota laut yang tergolong kedalam kelompok Krustasea.

Krustasea sendiri memiliki definisi yang beragam, coba saja cari di Google dengan kata kunci “krustasea” atau “crustacea” dapat juga pembaca mencari di Wikipedia. Belum ada definisi yang spesifik mengenai krustasea. Krustasea merupakan bagian dari filum Arthropoda yaitu kelompok hewan yang memiliki kaki bersegmen (arthron=segmen; podos=kaki). Krustasea memiliki rangka luar yang disebut exoskeleton (exos=luar; skeleton=rangka), dengan sebuah karapas yang menutupi badan bagian dorsal dan dua pasang antenna.

Perkiraan jumlah spesies krustasea yang telah dideskripsikan lebih dari 52.000 spesies, namun masih banyak spesies krustasea yang belum diketahui. Bagaimana dengan Indonesia, berapa jumlah spesies krustaseanya?  Sampai saat tulisan ini terbit saya belum menemukan jawabannya. Lain waktu akan saya tulis di blog ini.

Krustasea memiliki 6 (enam) kelas1], yaitu Branchiopoda Latreille, 1817; Remipedia Yager, 1981; Cephalocarida Sanders, 1955; Maxillopoda Dahl, 1956; Ostracoda Latreille,1802 dan Malacostraca Latreille, 1802. Kelas Remipedia dan Cephalocarida hanya memiliki satu ordo saja. Kelas Maxillopoda dan Malacostraca memiliki banyak grup (grup=kelompok taksa).  Kelas Malacostraca inilah yang sering dijumpai dan lebih banyak dimanfaatkan sebagai sumber makanan berprotein tinggi, contohnya kepiting, lobster, udang mantis dan udang krill.

Sekian dulu pembahasan Seri Biota Laut : Krustasea, tulisan selanjutnya masih berhubungan dengan dunia kelautan dan tentu saja krustasea laut. Bila ada yang belum dimengerti silahkan kirim komentar atau pertanyaan, mudah-mudahan saya bisa membantu mencarikan solusinya.

Pustaka Acuan
1] Martin, J. W. & Davis, G. E. (2001). An Updated Classification of the Recent Crustacea. Natural History Museum of Los Angeles County, 132 pp..

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s